Cara Memvakum Instalasi AC Split Dengan Benar

Bagaimana cara memvakum instalasi pada AC split? Disini saya akan menjelaskan beberapa langkah yang harus di persiapkan dan di lakukan sebelum melakukan pemvakuman. Nahh... Sebelum saya memberikan apa saja yang harus di persiapkan dan di kerjakan saya akan menjelaskan kenapa instalasi AC perlu di vakum saat pemasangan.

Pentingnya proses Vakum pada saat pasang AC

Sejak tahun 2015 mulai beredar unit AC dengan menggunakan system pemasangan Wajib Vakum yaitu jenis AC yang menggunakan freon R32, sejak di keluarkan AC yang menggunakan Freon tersebut sangat di anjurkan bagi tekhisi AC di seluruh indonesia. Wajib vakum merupakan salah satu syarat yang di berikan dari product / brand kepada owner yang harus di anjurkan kepada teknisi yang memasang AC karena jika TIDAK di lakukan pemvakuman makan GARANSI UNIT AC TIDAK BERLAKU.

Poin Tertulis Pada Buku Garansi: "Garansi tidak berlaku Bila Pemasangan Instalasi Tidak Standart, Contoh salah satunya adalah pemasangan tanpa memalui proses vakum!!!

cara memvakum ac
Proses pemvakuman instalasi ac split

Alat yang perlu di siapkan untuk melakukan pemvakuman adalah :

  1. Obeng (+)
  2. Kunci Inggris
  3. Charging Manifold
  4. Mesin Vakum
  5. Kunci ( L ) 4mm & 6mm

Berikut adalah cara cara yang harus di kerjakan saat melakukan pemvakuman AC Split :

  1. Sediakan alat yang sudah di persiapkan sesuai dengan keterangan di atas
  2. Buka tutup pentil / saluran pengisian pada kompresor
  3. Kemudian sambungkan selang manifold yang berwarna biru ke saluran pengisian yang sudah di buka tadi ( kencangkan )
  4. Sambungkan juga selang manifold warna merah ke mesin vakum ( kencangkan )
  5. Buka katup manifold sampai terbuka penuh
  6. Nyalakan mesin vakum, tunggu dan perhatikan sampai jarum manifold menunjukkan -30 PSI
  7. Setelah jarum menunjukkan di pressure -30 PSI tunggu 15 - 20 menit sampai udara yang terjebak pada instalasi benar benar habis ( Hampa )
  8. Tutup katup manifold dan tunggu beberapa saat untuk memastikan tidak ada kebocoran pada instalasi AC saat penyambungan pipa ( Indoor - Outdoor )
  9. Jika jarum tetap berada pada posisi awal maka di pastikan sudah tidak ada kebocoran pada instalasi.
  10. Buka katup unit AC menggunakan kunci L yang sudah di sediakan tadi.
  11. Proses pemvakuman sudah selesai dan unit AC sudah bisa di nyalakan / tes running.

Teknis Kerja AC 

AC lama dengan R22 memakai oli Mineral Oil (MO), karena MO masih bisa melarut (menyatu dengan R22) untuk disirkulasikan kembali ke kompresor.
Pemerintah sudah melarang R22 di AC baru, sehingga pabrikan harus mengganti yang dipilih R32 / R410A jenis HFC. R32/R410A tidak bisa melarutkan MO, sehingga tidak bisa membawa MO kembali ke kompresor.
Untuk memastikan oli bisa kembali ke kompresor pabrikan mencari oli lain, pilihan paling baik polyolester (POE). R32/R410A bisa melarutkan/mengikat oli POE dan dengan baik mensirkulasikan kembali ke kompressor.

Masalahnya oli POE ini "sangat hygroscopic", sangat mudah/kuat menyerap air dan uap air dari udara.

Bandingkan tingkat hygroscopic keduanya: MO : 25 ppm (part per million); oli untuk Refrigerant R22 POE : 2.500 ppm. Oli untuk refrigerant HFC, R410A, R32, R407C dll.
Jadi fungsi alat vakum adalah Membersihkan system dari udara / air / gas dan zat zat lainya yang terjebak pada instalasi AC yang dapat mengganggu system pada kompresor.


cara memvakum ac
Proses pemvakuman

cara memvakum ac
Proses Pemvakuman

Kesimpulannya, Anda tinggal memilih :
  1. Memilih Pemasangan Unit AC Dengan Proses Vakum sesuai SOP ( Garansi Resmi Anda Terjamin + Garansi Kerja Dari Kami " Service AC Semarang" 1-3 Bulan ) Atau
  2. Memilih Pemasangan Unit AC Tanpa Proses Vakum ( Garansi Resmi Ditolak + Performa Unit AC Anda Tidak Maksimal Karena Freon Terbuang )
Harapannya Kenapa Artikel ini Dibuat Agar Teknisi Dan Konsumen bisa bekerja sama dan dapat bekerja sama dengan baik... Teknisi Puas Bekerja Sesuai SOP .. Konsumen Senang Performa Unit AC nya Maksimal.

Contact Form

Name

Email *

Message *