Cara memperbaiki sensor ac tidak bisa di remote

Apa saja yang perlu di lakukan saat AC anda mati / tidak bisa di nyalakan menggunakan remote?

Anda seorang teknisi AC? Helper? Atau user?
Dari berbagai masalah yang sering terjadi pada unit AC biasanya seperti tidak dingin, brisik, bocor air, tapi pada artikel yang ingin saya ulas yaitu bagaimana sih cara memperbaiki AC yang tidak bisa nyala / tidak bisa di remote?
Nah langsung saja kita jabarkan penjelasan dan caramemperbaikinya, di sini Jasa Service AC Semarang ingin memberikan tutorial mengenai cara memperbaiki sensor ac split dengan masalah tidak bisa hidup apabila di remote atau Ac tidak bisa di nyalakan menggunakan remote merupakan hal yang biasa terjadi pada ac apabila ac tidak bisa menyala / tidak bisa di hidupkan, mari kita simak tutorial lengkapnya seperti pada gambar gambar di bawah ini

ac tidak bisa di nyalakan menggunakan remot
Ac tidak bisa di nyalakan

Pastikan kerusakanya terlebih dahulu

Untuk memastikan bahwa sensor AC yang bermasalah sebelumnya kita coba terlebih dahulu bagaimana kondisi remote dalam kondisi masih berfungsi dengan baik atau tidak, langkah pertama yang untuk mengecek kondisi remote adalah dengan cara atau langkah seperti pada gambar d bawah ini


cara cek remot ac yang masih berfungsi
Pengecekan remote menggunakan kamera Hp
1. Arahkan bagian atas remote supaya led pada remot kelihatan pada layar hp anda
2. Kemudian tekan tombol on / off pada remote dalam waktu bersamaan jika kondisi remote dalam keadaan berfungsi dengan baik maka akan menimbulkan kilatan cahaya yang bisa di lihat dari kamera hp seperti pada gambar di bawah ini

lampu led remot ac
Terdapat kilatan cahaya pada lampu led remote
Jika lampu led menyala, maka dapat di pastikan kondisi remote bisa berfungsi dengan baik, akan tetapi bila pada remote tidak bisa berfungsi seperti pada keterangan di atas, maka dapat di pastikan remote ACnya yang rusak/bermasalah, hendaklah untuk mengganti batre terlebih dahulu.
Jika setelah di lakukan penggantian batre coba Ulang kembali dari langkah pertama, pastikan kondisi remote dalam keadan bagus, jika rusak Ganti dengan remote baru.

Langkah perbaikan sensor yang terdapat pada indoor AC


Buka Cover AC untuk membuka sensor yang terdapat pada indoor, biasanya sensor terdapat pada bagian sebelah kanan bawah dan ada juga yang terletak pada bagian tengah AC, Tergantung dari merk dan type AC.
Yang perlu di di lakukan untuk membuka cover adalah dengan melepas baut yang ada pada indoor, biasanya terdapat 2 - 6 biji baut, tergantung dari Merk ACnya sendiri.
Setelah melepas bautnya maka tinggal membuka cover dengan cara mengangkat bagian bawah sebelah kanan dan kiri pada cover. Di tarik ke belakan dan sedikit di angkat ke atas.

posisi / letak sensor ac
Letak sensor ac tedapat di bagian kanan bawah indoor
Bersihkan Sensor, Setelah membuka cover dan sensornya anda bisa membersihkan bagian modul sensor yang biasanya keadaan kotor maupun lembab, cukup di bersihkan dengan menggunakan paint thinner atau biasa kita sebut cairan thinner ( larutan untuk campuran cat ) jika tidak ada paint thinner anda juga bisa menggunakan beberapa cairan lainya seperti bensin atau juga minyak kayu putih, Siapkan sikat gigi yang sudah tidak terpakai, lalu celupkan sikat gigi ke cairan yang anda sediakan, cukup dengan cara di gosok gosokan cairan thinner tersebut menggunakan sikat gigi, dengan cara sikat bolak balik modul sensor dan pastikan modul sensor dalam kondisi bersih layaknya pada gambar di bawah ini.

Bersihkan menggunakan sikat gigi dan cairan thinner

Keringkan sensor, Selanjutnya keringkan cairan thinner menggunakan tisu dengan cara di usap pelan pelan supaya cairan tersebut tidak tertinggal pada modul sensor ketika ac di nyalakan, jika masih terdapat thiner maka bisa mengakibatkan konslet / shoot pada modul ( terbakar ) atau juga bisa di keringkan di bawah terik matahari, dan pastikan modul sensor benar benar kering, selain itu jika anda tidak mau menunggu lama bisa juga dengan memanasi dengan korek api. Tapi jika belum pernah atau melihat sebaiknya jagan di lakukan dengan cara membakar dengan korek api, di takutkan akan membakar bagian bagian sensor Hanya di lakukan oleh Teknisi saja.

mengeringkan modul sensor dengan tisu
Keringkan modul sensor menggunakan tisu

Tes dengan menyalakan AC, Setelah modul sensor sudah dalam keadaan benar benar kering dan di pastikan tidak ada cairan yang anda gunakan untuk membersikanya tadi, anda sudah bisa mencoba untuk menyalakan AC dengan cara seperti biasa Tekan tombol On / Off pada remote AC.

test nyalakan ac
Nyalakan ac
Jika berhasil dan ac sudah bisa menyala, maka tinggal tutup cover indoor kembali dengan benar, tetapi jika belum berhasil ac belum bisa menyala maka di pastikan reciver sensor dalam kondisi rusak / ada jalur yang menghubungkan komponen ke sensor ada yang putus, untuk mengetahui cara mengganti reciver sensor akan saya bagikan tutorialnya kemudian hari, dan bisa cari di kolom pencarian Website kami.
Dan berikut adalah cara / tutorial bagaimana cara memperbaiki sensor ac tidak bisa di remote, semoga bermanfaat.

Contact Form

Name

Email *

Message *